. Cara mengatasi Hp sering restart sendiri dengan Mudah!! - IME Android -->

Cara mengatasi Hp sering restart sendiri dengan Mudah!!

Konten [Tampil]

IME android -  Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang penyebab dan cara mengatasi hp sering Restart sendiri. Smartphone merupakan ponsel pintar dengan segala kelebihan yang mampu melakukan segala tugas dan aktifitas seperti komputer.

Bahkan banyak aplikasi yang dapat membantu pekerjaan pengguna dalam melakukan edit photo, trading, maupun pekerjaan administrasi didukung oleh ribuan aplikasi tersedia di Google play.

Itulah disisi kelebihan dari perangkat smartphone.. 

Tetapi hal buruk lain juga bisa terjadi ,salah satunya masalah hp sering restart sendiri.

Hal ini tidak selalu disebabkan oleh faktor kerusakan hardware, tetapi terdapat potensi lain yang menimbulkan eror dan hp sering restart. Atau sebaliknya hanya disebabkan oleh software, yakni dari aplikasi atau OS yang mampu memicu perangkat error' dan hp sering restart sendiri.

Hp sering restart

Sebelum mengarah ke perbaikan, maka yang harus di pahami adalah penyebab masalah tersebut. Pasalnya sebaik apapun solusi,  jika tidak tepat sasaran tentu akan sia .

Nah, kali ini saya akan mencoba mengulas hal hal yang dapat menimbulkan hp sering mati sendiri, atau tiba tiba restart.

Mengetahui penyebab Hp sering Restart sendiri.

Ini merupakan bagian dari inti , dan proses menganalisa penyebab hp suka tiba-tiba mati juga di lakukan oleh teknisi smartphone.

Artinya , kita tidak dapat melakukan tebak tebakan. Setidaknya sekalipun menebak , seharusnya berdasarkan analisa dan pendekatan dari penyebab smartphone sering reboot.

Cara mengatasi Hp Android yang sering restart sendiri sebenarnya relatif mudah, dengan catatan bukan hal teknis yang berkaitan dengan kerusakan ic.

Jika seorang teknisi hp sih, mengganti IC chip  sudah sambil siul ..

Permasalahanya adalah untuk mengetahui penyebab akurat tentu membutuhkan ketelitian analisa.

2 Hal yang harus di cek memperbaiki hp sering mati sendiri.

Hp android terdiri dari 2 Prinsip , pertama adalah hardware (Perangkat Keras) dan kedua adalah software (Piranti Lunak )

Setiap komponen pada perangkat harus masih berfungsi dengan baik apabila menginginkan hp normal.
Sama halnya dengan software, baik dari sisi aplikasi maupun Rom firmware harus dalam kondisi normal.

Apabila dari salah satunya mengalami masalah , tentu akan menyebabkan menganggu kinerja ponsel. Entah pada sisi performa, atau hal lain seperti error', sering mati sendiri dan lainya tergantung dari tingkat kerusakannya.

Memang sangat menjengkelkan apabila sedang menggunakan ponsel tiba-tiba restart,atau suka mati sendiri.

Apa lagi ketika lagi telponan sama dial "#" iya dia,,

Ini bukan kejadian normal,tentunya yang harus segera perbaiki supaya perangkat bisa bekerja sesuai fungsi dan normal.

Dalam menganalisanya tidak akan lepas dari Hardware dan software. Untuk memastikan sektor sebelah mana yang mengakibatkan smartphone mati sendiri. Anda bisa melakukan beberapa tips pengecekan terhadap Ponsel anda,

..dimulai dari pengecekan Hardware sampai dengan pengecekan Software atau aplikasi - aplikasi yang terdapat pada smartphone.

Penyebab Smartphone sering Restart sendiri.

Apa yah yang menimbulkan ponsel tiba tiba mati, restart , atau aplikasi tidak menanggapi, dan lain sebagainya.

Sebelum ke arah komponen atau hardware saya akan mengajak Anda untuk menganalisa internal storage dan RAM usage.

RAM penyebab Hp tidak menanggapi ?

Ini tidak mutlak ,pahami terlebih dulu fungsi RAM untuk menunjang performa hp yang berfungsi menyimpan data proses secara sementara.

Hal ini menjadikan proses dapat dengan cepat mengakses memanggil data yang telah di buka.

Ponsel dapat bekerja secara multitasking.  Membuka berbagai aktifitas secara bersamaan dan menyimpan data di latar belakang ponsel.

RAM mempunyai kapasitas , sehingga setiap pekerjaan yang di lakukan di luar dari kemampuan nya dapat mengakibatkan hp lah, aplikasi tidak menanggapi bahkan ponsel mati sendiri (Reboot).

Berikutnya memori internal , banyak yang mengira peranannya hanya sebatas sebagai media penyimpanan saja.

Tetapi betapa pentingnya fungsi memori internal dalam menunjang kemampuan smartphone melakukan tugasnya.

Cukup fatal apabila memori internal hp full, bukan hanya menjadikan hp lemot dan sering mati sendiri. Hal tersebut juga bisa menimbulkan hal buruk lain seperti, hp sering restart, Bootlop , tidak bisa install aplikasi dan lain sebagainya.

Itulah dari dua hal tersebut saja sudah mampu mempengaruhi kemampuan hp menjadi lemah.

Lalu apa lagi yang dapat menyebabkan hp sering mati sendiri..?

Mengatasi Hp Sering mati sendiri.

Dari dual hal di atas adalah sebagian kecil yang bisa mempengaruhi smartphone sering reboot sendiri.

Hp tiba tiba mati, baik Nokia 3, Advan , Xiaomi , dan lain sebagainya.

Penyebab Dan Cara mengatasi Hp sering restart.

Di beberapa kasus hp tiba tiba mati ketika dicas merupakan salah satu ciri kerusakan komponen. Jadi saya tidak yakni bahwa hal itu di sebabkan oleh software.

Contoh , Hp mati total pada saat charge maka kemungkinan besar di pengaruhi oleh komponen rusak.

Kira kira apa ?

Mati total , hal itu biasanya di sebabkan oleh salah satu komponen telah rusak.

Salah satu IC yang di kenal dengan Regulator Power Supply (IC power)  memiliki peranan membagikan tegangan baterai yang ada didalamnya dan mendistribusikan ke se semua komponen perangkat.


Jika ketika hp di cas ternyata hp mati total , hal tersebut bisa karena IC power telah rusak atau ada jalur power putus sehingga tidak bisa membagikan tegangan ke semua komponen.

Cukup berbeda dengan hp yang restart terus menerus, kerusakan ini bisa di sebabkan oleh IC atau hanya error' bagian software maupun aplikasi saja.

Seperti yang saya sudah katakan di atas untuk mengatasi Hp sering restart sendiri kita harus mengetahui penyebabnya.
Software dan hardware, Dari dua hal tersebut tentunya sangat erat dengan performa smartphone yang tidak bisa di pisahkan.

Langsung saja , berikut memperbaiki smartphone sering mati sendiri.

Dari Sektor Hardware.

Tidak semua hardware harus di cek, untuk awam yang notabene secara belum mengetahui secara teknis semua hardware seperti IC power, IC RF atau menganalisa jalur power lain maka bisa cek dari yang termudah terlebih dulu.

1. Baterai.

Cara mengatasi hp sering restart sendiri

Kondisi baterai yang sudah rusak bisa menjadi salah satu penyebabnya. Arus yang tiba-tiba hilang membuat hp mati dan bisa dinyalakan lagi,hal ini bisa berulang ulang.


Ciri fisik umumnya baterai melembung ( tidak mutlak) , hal ini hanya pendekatan saja. Untuk memastikannya dapat memakai alat avometer memeriksa arus baterai.

Cara memperbaiki baterai rusak hanya ada satu cara terbaik . Ganti, menggunakan baterai original sesuai merek hp dan tipe nya.

Apapun mereknya  "Samsung, LG, Andromax, Asus Zenfone, evercoss, OPPO, Infinix, Huawai, LG,Acer, Motorola, Xiaomi, Lenovo, Meizu"  merupakan komponen cukup vital.

Baca juga, Penyebab dan Cara mengatasi baterai tidak bisa di cas.

2. IC power telah rusak.


Penyebab kedua yang bisa menjadikan perangkat mati total atau sering restart sendiri bisa dikarenakan pada bagian IC telah rusak atau error'.
Masalah ini membutuhkan penanganan dan pengecekan yang tepat untuk memastikan dan mengganti yang baru.

3. Terdapat jalur short.

Kemungkinan lain dari sektor hardware adalah terdapat jalur short . Ya ini cukup sulit di lakukan oleh orang awam, kamu bisa meminta bantuan teknisi di tempat service center.

4. Komponen lain 


Masih banyak komponen lain yang dapat mengganggu hp menjadi mendadak mati.  Diantaranya adalah cek kutu atau dioda ,jika ada yang short bisa lakukan penggantian.

Ya secara umum ini hanya dapat di lakukan oleh teknisi. Tetapi tenang saja, tidak semuanya hanya di sebabkan oleh faktor hardware kok ..

Bisa saja hanya karena software , silahkan ikuti langkah berikut.  

Cek Software dan Aplikasi

Kabar baiknya, tidak semua karena faktor hardware ya. Bisa saja hanya di sebabkan oleh faktor software ( Aplikasi, sistem ). Berikut penyebab dari software mengakibatkan ponsel sering restart sendiri.

1. File cache yang sudah menumpuk.

Cache yang sudah menumpuk membuat ponsel menjadi berat dalam kinerjanya sehingga hardware menjadi cepat panas.

Jika suhu meningkat dapat menjadi Overheat pada HP dan komponen komponen di dalam nya sehingga sistem memutusakan untuk reboot.

Cara mengatasinya :

Bersihkan atau cek file cache,bisa menggunakan aplikasi aplikasi pembersih atau bisa menggunakan cara manual. 

Caranya "setting -Application -all" kemudian anda bisa mulai memilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya dilanjutkan pilih " Clear Cache"

2. Aplikasi yang terlalu banyak terinstall.

Terlalu banyak terinstall pada smartphone dapat menyebabkan sering restart sendiri karena kinerjanya ponsel berat.

Ram yang kurang mumpuni untuk melakukan pekerjaan membuat hp menjadi cepat panas dan mati sendiri.

Cara mengatasinya :

Cara mengatasinya agar ponsel lebih ringan sebaiknya lakukan Uninstall aplikasi aplikasi yang tidak terpakai, apalagi aplikasi game yang memang membutuhkan RAM yang besar.

3. Terinfeksi virus.

Terkena virus membuat software mengalami masalah-masalah yang tidak dapat diduga sehingga mengalami kerusakan sistem.
Akibatnya Smartphone tidak dapat bekerja secara Optimal karena terganggu oleh script virus yang menempel sebagai parasit.

Cara mengatasinya :

Gunakan Aplikasi anti virus sebagai proteksi Hp android anda dan lakukan scan berkala agar tetap aman dan bersih dari virus.

4. Hp Android terkena Malware 

HP android yang terkena malware membuat kinerjanya lelet karena terganggu bahkan sering terhenti dalam mengoperasikan aplikasi karena iklan yang muncul.

Nah yang buruknya lagi,malware bisa muncul kapan saja contohnya menampilkan gambar gambar yang tidak pantas menutupi layar ponsel.

Disini perangkat dipaksa bekerja ektra dan komponen HP menjadi cepat panas berefek sering mati sendiri.

Baca juga, Cara menghapus Iklan pada HP android Ampuh!! HILANG!!

Cara mengatasi Hp android sering mati sendiri terlalu banyak iklan.

.. nah berkaitan dengan iklan anda bisa menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di play store sebagai blocking iklan.

Nah dari sekian banyak masalah yang terjadi pada hp anda yang berkaitan dengan software anda bisa melakukan cek satu persatu aplikasi. Jika tidak merasa install sebaiknya Hapus saja.

Apabila dari cara cara di atas sudah tidak mempan maka ada indikasi terjadi kerusakan pada sistem operasi android anda.

 Untuk dapat melakukan perbaikan pada sistem operasi anda bisa melakukan  "Recovery Mode /factory reset " atau  "Flash HP android " maka masalah masalah yang berkaitan dengan software teratasi.

Itulah beberapa penyebab hp sering mati sendiri dan cara mengatasinya .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel