. Update : Ciri - ciri baterai Smartphone Bocor [ baterai tanam ] - IME Android -->

Update : Ciri - ciri baterai Smartphone Bocor [ baterai tanam ]

Konten [Tampil]
Ciri - Ciri Baterai Tanam bocor - Pada artikel kali ini saya akan membahas ciri dari baterai hp rusak atau bocor pada smartphone menggunakan sistem non removable atau yang kita kenal dengan baterai tanam.

Salah satu komponen yang sangat penting  untuk menopang daya dalam penggunaan.

Sehingga tidak dapat dipungkiri ketika mengalami kerusakan akan terasa ada enak dalam penggunaanya.

Meskipun baterai hp original,namun tidak menutup kemungkianan akan mengalami penurunan performa. Atau bisa saya katakan lambat laun akan mengalami kerusakan.

Cara mengatasi baterai tanam ngedrop sendiri saya pernah membaca untuk diletakkan di freezer kulkas.. entah lah, apa ini bisa bekerja dengan baik sebagai solusi cara mengatasi baterai tanam bocor.

Yang saya yakini untuk mengatasinya, praktek terbaik adalah dengan melakukan penggantian baterai baru yang original.

Kesadaran pentingnya baterai inilah yang harus diperhatikan. Sehingga perlu memperlakukan penggunaan smartphone dengan bijak supaya baterai awet dan tidak cepat bocor.

.. lakukan beberapa tips baterai hp android menjadi awet ,seperti mematikan Hp ketika di charge,tidak menggunakan sampai habis total dan lainya yang berpotensi menyebabkan rusak atau tidak normal.

Ciri Ciri Hp Smartphone Rusak /Bocor
Ciri Ciri Hp Smartphone Rusak /Bocor

Trik deteksi baterai Hp android bocor atau rusak yang sudah menggunakan konsep tanam tidak sulit.

Tetapi,

Suatu saat akan menjadi hal yang menjengkelkan buat user atau pengguna. Karena ketika mengalami masalah kembung,error cukup kesulitan melakukan penggantian.

Berbeda dengan sistem removable / bisa dibuka,pada saat rusak pastinya akan lebih mudah dalam menggantinya.

Hanya dengan cara buka casing belakang,pengguna sudah mampu mengganti baterai baru tanpa bantuan teknisi.


Ciri - ciri baterai tanam hp Bocor / rusak.


Secara umum sebagai pengguna smartphone pasti telah mengenal karakteristik dari baterainya. Berapa lama waktu mengecas, seberapa lama bisa habis atau kondisi normal lainya yang menjadi ciri-ciri baterai masih baik.

Nah untuk memastikan rusak atau bocor, setidaknya melalui perbandingan antara baterai normal dan abnormal. Jika secara performa nya mempunyai penyimpangan ,maka dapat dijadikan indikasi baterai sudah bocor.

Inilah Ciri-ciri baterai smartphone yang rusak atau bocor :
  • Salah satu cirinya adalah meningkatnya suhu baterai secara tidak wajar,Smartphone terasa panas berlebihan di bagian baterai atau tepatnya bagian belakang.
  • Secara fisik   baterai terjadi perubahan, seperti kembung. Tapi bila anda menggunakan baterai yang tidak bisa dicopot (non removable) maka ada cara lain untuk memeriksanya. Dengan mendeteksi tingkat kerataan cover belakang yang sudah tidak rata / cenderung melembung dari kondisi semula.
  • Saat   dilakukan pengisian   daya (charge) pada baterai, indikator menunjukkan ketidakstabilan arus (kadang ngisi kadang tidak). Kondisi seperti ini bisa di pastikan terlebih dahulu slot / socket charger. Apabila soket aman,maka menandakan bahwa baterai telah   mulai tidak stabil.
  • Indikator baterai naik turun tidak stabil,penggunaan baterai yang sebentar kadang langsung habis.    .. dan setelah reboot daya terisi penuh kembali,bahkan tidak jarang kasus kerusakn baterai menyebabkan Hp sering restart sendiri atau reboot .
  • Baterai hp cepat terisi penuh ketika pengecasan bahkan mudah juga habis. Atau sulit terisi penuh tetapi penggunaanya mudah habis ,hal ini disebabkan karena komponen sel baterai sudah tidak standar atau mengalami kerusakan.
  • Test ampere daya baterai menggunakan multitester dengan mengukur tegangan baterai maka ini lebih valid lagi untuk memastikan baterai dalam kondisi normal atau tidak normal.
Ciri-ciri baterai smertphone bocor atau rusak-baterai tanam
Cek Kondisi baterai Hp android


Cara cek baterai hp dengan avometer

Dengan Analisa pada Konektor Baterai.
Cara Cek konektor baterai pada Hp :

Setting Multitester anda pada ohm meter x1, selanjutnya hubungkan "kabel warna merah (+)" Ke konektor baterai "kutub positif (+)", serta  untuk kabel "warna hitam (-)" pada konektor "kutub negatif (-)"

Perhatikan gerakan jarum di multitester, kondisi jarum bergerak naik, apabila jarum diam tidak bergerak naik kemungkinan besar kerusakan pada jalur VBat.

Selanjutnya   cek lagi melalui cara di balik, "kabel warna merah (+)" ke konektor baterai "negatif (-)" serta "kabel warna hitam (-)" dihubungkan ke konektor"battre positif (+)"

Untuk hasil dengan cara terbalik seharusnya  jarum tidak bergerak, tetapi apabila jarum bergerak naik tinggi artinya komponen handphone ada yang short (konslet), bisa anda lakukan pengecekan pake Power Suplay.

Cara Mengatasi baterai tanam Bocor.


Untuk mengatasi hp baterai bocor tergolong mudah. ..akan tetapi sering kali kita di buat pusing atau ribet dengan mendapatkan informasi atau trik yang sama sekali belum tentu kebenaranya.

Cara mengatasi baterai Hp android Bocor Atau sudah ngedrop!


Yang pertama lepas baterai dari Hp android ,setelah terlepas silahkan letakan baterai yang sudah rusak atau melembung di letakan di dalam freezer kulkas selama 1 x 24 jam. Setelah 1 x 24 jam maka ambil dan keringkan.. pastikan baterai telah kering dari air laut pasang kembali di pada perangkat..

Tips trik mengatasi baterai  rusak diatas adalah 100% Tidak Ilmiah..haha.. "JANGAN PERCAYA".

Dari mana baterai ponsel cuma masukin di kulkas bisa normal kembali, justru di masukan kulkas dikhawatirkan bisa dimasak... bahaya!!

Kesimpulanya tips mengatasi smartphone yang baterainya sudah rusak hanya memiliki satu jalan yang aman,yaitu dengan mengganti yang baru.

Tidak dengan memasukan kulkas,atau di jemur atau di rebus ..

Tapi ganti baterai Hp android yang rusak dengan baterai yang baru ! AMAN!.

Ini berlaku untuk semua merek hp,Xiaomi,Oppo,samsung mapun vivo. Hanya saja yang harus kita pelajari adalah cara membongkar cover belakang.

Baca juga
2 Cara membedakan antara baterai xiaomi ORI dan yang KW
Ciri ciri baterai hp samsung Original & palsu


Demikian artikel saya kali ini tentang ciri ciri baterai tanam bocor atau rusak ,untuk hal ini sangat berkaitan erat dengan safety karena dengan baterai yang sudah melembung dikhawatirkan membahayakan ,Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel